YULIANA, RIZKY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YP 17 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Download (2MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Download (95kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (28MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika karena pemilihan model pembelajaran yang masih biasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berasal dari siswa kelas VIII SMP YP 17 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes yang dianalisis menggunakan analisis uji prayarat dan analisis uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: 1) Hasil angket yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 43,7 dan kelas kontrol sebesar 39,47 dan dari hasil pengujian analisis hipotesisnya diperoleh bahwa t¬_hitung=4,374 dan t_tabel=2,002 maka t_hitung>t_tabel yaitu 4,374>2,002, yang artinya ada perbedaan antara rata-rata motivasi akhir siswa kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 81,43 dan kelas kontrol adalah 47,9 dan dari hasil pengujian analisis hipotesisnya diperoleh bahwa t¬_hitung=9,3886 dan t_tabel=2,0450 maka t_hitung>t_tabel yaitu 9,3886>2,0450, yang artinya ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil analisis data tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP YP 17 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Motivasi, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Rizky Yuliana |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:59 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5163 |