Agustian, Bahy (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN HEADING DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA KARET DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN DI SSB JATI KENONGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. halaman depan..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (670kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (89kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (198kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN BAY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (696kB)
Abstract
Agustian, Bahy. 2021. Meningkatkan Kemampuan Heading
Dengan Menggunakan Modifikasi Bola Karet Dalam
Permainan Sepak Bola Pada Anak Usia 8-10 Tahun Di
SSB Jati Kenongo. Program Studi Pendidikan Jasmani.
Fakultas Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Achmad Nuryadi, S.Pd.,
M.Pd.
Kata Kunci: Heading, Modifikasi Bola Karet.
Heading merupakan gerakan menyundul bola atau
mengontrol bola dengan menggunakan kepala. Heading atau
yang biasa disebut dengan menyundul bola acapkali dapat
digunakan untuk menciptakan gol ke gawang lawan, selain
digunakan untuk menciptakan gol ke gawang lawan, teknik
ini juga biasa dilakukan pemain bertahan untuk menghalau
serangan bola udara dari tim lawan. Teknik ini banyak
diperdebatkan karena dapat berakibat fatal pada bagian kepala
yang sangat vital. Proses pembelajaran teknik dasar heading
pada anak usia 8-10 tahun di SSB Jati Kenongo sudah
berjalan, tetapi hasil yang didapat belum maksimal. Karena
siswa masih memiliki rasa takut sakit saat bagian kepala
melakukan kontak dengan bola pada saat proses pembelajaran
teknik dasar heading.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan heading pada anak usia 8-10 tahun dalam
permainan sepak bola di SSB Jati Kenongo. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe
peneltian eksperimen dengan rancangan penelitian one groups
pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Jati Kenongo usia 8-10 tahun yang berjumlah 26 siswa. Sampel yang digunakan
penelitian ini adalah seluruh siswa di SSB Jati Kenongo usia
8-10 tahun yang berjumlah 26 siswa.
Analisis data yang dilakukan dengan uji t menggunakan
SPSS versi 24. Dari hasil penelitian terlihat bahwa latihan
heading menggunakan modifikasi bola karet ada peningkatkan
kemampuan heading dan berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diperoleh nilai rata-rata post test 7,29. Uji normalitas
berdistribusi normal karena nilai Pre-test 0,360 dan nilai
posttest 0,197. Hal ini menunjukkan, nilai pre-test> 0,05 atau
0,360> 0,05 dan nilai nilai post-test> 0,05 atau 0,197> 0,05
sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil uji normalitas
pre-tesdan post-test sampel penelitian berdistribusi normal.
Uji homogenitas berdistribusi normal karena nilai sig. > 0,05
atau 0,725> 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa treatment
heading pada saat pre-test dan post-test eksperimen
mempunyai varian yang sama. hasil analisis untuk uji-t
menunjukkan bahwa nilai t sebesar 16,669 dan nilai
signifikansi 0,000. Karena nilai thitung adalah 16,669
menyatakan lebih besar dari t tabel Nilai thitung > ttabel atau
16,669>2,770 Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari
0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak, yang artinya ada perbedaan dan peningkatan yang
signifikan hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan kelompok eksperimen yang menggunakan latihan
heading menggunakan modifikasi bola karet. Dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan
posttest dan pretest kelompok eksperimen yang menggunakan
latihan heading dengan menggunakan bola karet.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:56 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 01:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/520 |