Putri, Afinda (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Ii Sdn Sedati Gede 02 Sidoarjo Materi Bangun Ruang Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (220kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (12kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (125kB)
8. Daftar Pustaka_1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (218kB)
Abstract
Kata Kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Bangun Ruang.
Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam suatu proses
belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk
mencapai hasil belajar. Kesulitan belajar matematika dengan materi
bangun ruang.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk
mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas II pada materi
bangun ruang (2) Apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan belajar
pada siswa kelas II pada materi materi bangun ruang.Untuk mencapai
tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yang dilaksanakan selama dua bulan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, teknik tes, wawancara dan
dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Sedangkan hasil dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa,kesulitan belajar siswa kelas II pada materi bangun runag di SD
Sedati Gede 02 Sidoarjo diperlihatkan oleh subjek berdasarkan teori
kesulitan belajar matematika menurut Zainal Arifin (2012); (1)
Peserta didik tidak dapat menguasai materi materi pelajaran sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan, (2) peserta didik memperoleh
peringkat hasil belajar yang rendah dibandingkan dengan peserta didik
lainnya dalam satu kelompok, (3) peserta didik tidak dapat mencapai
prestasi belajar sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, (4)
peserta didik tidak dapat menunjukkan kepribadian yang baik, seperti
kurang sopan, mambandel, dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar siswa yaitu; (a) faktor internal yaitu daya ingat rendah,
kebiasaan belajar, tingkat kecerdasaan, minat, emosi, dan (b) faktor
eksternal yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:52 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/553 |