Sari, Selvy Meylinda (2021) Analisis Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Di Sdn Dukuh Menanggal 1 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (178kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (29kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (49kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (428kB)
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Media Video Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media
pembelajaran selama pembelajaran daring. Dalam proses mengajar
media merupakan hal yang penting, terutama untuk tingkat Sekolah
Dasar. Sebab media sangat membantu siswa dalam memahami suatu
materi tertentu, terlebih dengan adanya pembelajaran jarak jauh
maka siswa akan mengalami kesulitan memahami materi jika tidak
ada media yang cocok digunakan ketika pembelajaran daring. Video
pembelajaran merupakan salah satu media yang sesuai untuk
mengajarkan materi ketika pembelajaran daring, selain mengandung
unsur gerak video juga mampu menarik perhatian dan motivasi siswa
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta
didik terhadap video pembelajaran daring dan pengajaran guru dalam
menerapkan video pembelajaran daring. Pendekatan penelitian yang
digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV B SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui
angket dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah
rumus presentase dan rata-rata.
Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan, hal ini terbukti
pada respon peserta didik memperoleh kriteria “sangat baik” dengan
rata-rata 81%. Hasil respon peserta didik didapatkan positif dengan
hasil 29% menyatakan sangat setuju, dan 67% merespon setuju.
Hasil observasi pengajaran guru dalam menerapkan video
pembelajaran juga memperoleh kriteria “sangat baik” dengan skor
rata-rata sebesar 4,5 yang dinilai oleh dua observer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:46 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:15 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/555 |