Yanti, Rinda Dwi (2021) Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Sdn Kebondalem Mojosari Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (852kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (85kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (104kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci : Keaktifan belajar, pembelajaran daring
Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya wabah virus corona
atau covid-19 yang membawa dampak besar bagi kehidupan terutama dalam
bidang pendidikan. Dalam pembelajaran daring minat serta keaktifan belajar
siswa sangat mimin. Misalnya pelaksanaan pembelajaran daring
menggunakan aplikasi zoom, banyak sekali siswa yang hanya hadir dan
mengikuti pembelajaran daring tanpa memperhatikan dengan sungguhsungguh ketepatan waktu hadir siswa juga tidak teratur, proses pembelajaran
yang dilakukan hanya beberapa siswa saja yang dapat aktif dan mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa kelas V
SDN Kebondalem Mojosari dalam pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
deskriptif dengan. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020-
2021 di SDN Kebondalem Mojosari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
V SDN Kebondalem Mojosari yang berjumlah 30 anak. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi selama empat kali guna
mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran daring
dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta
dokumentasi yang difokuskan pada keaktifan belajar siswa dalam
pembelajaran daring.
Berdasarkan hasil data dari observasi selama empat kali
menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari penelitian keaktifan belajar
siswa dalam pembelajaran daring mengalami peningkatan yang semula pada
observasi pertama keaktifan bealajar siswa 63,75% dari 30 siswa, kemudian
diobservasi kedua tetap 63,75%, pada observasi ketiga mengalami
peningkatan menjadi 81,12%, dan diobservasi keempat semakin mengalami
peningkatan menjadi 87,70% siswa yang aktif dari 30 siswa dengan
presentase “Sangat Baik”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:45 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/560 |