Literasi Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya Materi Kecepatan, Jarak Dan Waktu

Anggraeni, Vegita (2021) Literasi Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya Materi Kecepatan, Jarak Dan Waktu. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (692kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB  I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Literasi Matematika, Kemampuan Awal,
Kecepatan, Jarak dan Waktu
Literasi matematika penting untuk membantu seseorang
dalam memahami kegunaan matematika dalam kehidupan seharihari serta menggunakannya dalam membuat keputusan untuk
memecahkan sebuah permasalahan. Namun berdasarkan hasil PISA
2018 menyatakan bahwa Indonesia memiliki literasi yang rendah
dan tidak mengalami perkembangan selama 10-15 tahun terakhir.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis literasi matematika dari
kemampuan awal siswa materi Kecepatan, Jarak dan Waktu.
Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif.
Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa yang dipilih melalui
nilai UTS siswa dengan teknik purposive sampling menjadi
kemampuan rendah, sedang dan tinggi yang merupakan siswa kelas
V-A di SDN Menanggal 601 Surabaya. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah tes literasi matematika, wawancara dan
dokumentasi yang telah di validasi oleh dosen ahli matematika.
Hasil penelitian yang diperoleh (1) Literasi matematika
siswa kemampuan awal rendah, bisa merumuskan masalah nyata
namun tidak lengkap karena tidak menuliskan secara lengkap, tidak
menggunakan matematika dengan menerapkan model matematika
dengan jelas. dan tidak menuliskan rumus serta menafrikan solusi
yang akan digunakan langsung kepada hasil. (2) Literasi
matematika siswa kemampuan awal sedang, bisa merumuskan
masalah nyata dan menggunakan matematika dengan cukup baik
meskipun dalam menafsirkan solusi masih belum menggunakan
langkah-langkah dengan benar. (3) Literasi matematika siswa
kemampuan awal tinggi, bisa merumuskan masalah nyata,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:26
Last Modified: 11 Jan 2023 04:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item
View Item