PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kurniati Agusningtiah, Dian (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 01. Halaman Depan.pdf] Text
01. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02. Abstrak.pdf] Text
02. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 03. BAB 1.pdf] Text
03. BAB 1.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 04. Daftar Pustaka .pdf] Text
04. Daftar Pustaka .pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 05. LAMPIRAN.pdf] Text
05. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan proses pembelajaran yang lebih inovatif dalam pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan pembelajaran konvensional pada kelas X Fase E SMA Hang Tuah 1 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas Fase E3 dan Fase E4. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran koperatif teknik berkirim salam dan soal pada pembelajaran matematika dikelas eksperimen dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Dian Kurniati Agusningtiah
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:59
Last Modified: 24 Jul 2024 04:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item
View Item