IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGANALISIS DAN MEMAKNAI PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

Herawati, Devina Nurya (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN DISKUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGANALISIS DAN MEMAKNAI PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of 3. BAB I DEVINA.pdf] Text
3. BAB I DEVINA.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf_20230905_144519_0000.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf_20230905_144519_0000.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf_20230905_143831_0000.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf_20230905_143831_0000.pdf

Download (1MB)

Abstract

Herawati, D. N. (2023). Implementasi Prinsip Kesantunan Berbahasa
dalam Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Materi Menganalisis dan Memaknai Puisi pada Siswa Kelas
VII SMP Negeri 1 Wonoayu. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan
Humaniora, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,
Pembimbing: Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa, prinsip kesantunan berbahasa,
kegiatan diskusi.
Pembelajaran disebut serangkaian aktivitas antara siswa
dengan pendidik dalam lingkungan belajar. Pembelajaran dilakukan
untuk mengembangkan kecerdasan pribadi siswa, melatih
kemampuan berpikir siswa, serta mengolah segala informasi yang
didapatkan dengan baik. Pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan
pada seluruh jenjang pendidikan. Dengan adanya Bahasa Indonesia
dapat mempermudah proses pembelajaran di kelas. Bahasa Indonesia
menjadi alat komunikasi sekaligus bahasa pemersatu. Sehingga siswa
dan guru dapat lebih leluasa berkomunikasi tanpa ada kendala bahasa.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas, kesantunan berbahasa
secara lisan maupun tertulis tentu penting. Hal tersebut dilakukan agar
komunikasi guru dan peserta didik tetap beretika. Kesantunan
berbahasa suatu hal yang memperhatikan adanya kesadaran tentang
martabat seseorang dalam berbahasa, baik pada saat menggunakan
bahasa lisan ataupun bahasa tulis. Dalam kegiatan diskusi akan ada
interaksi siswa dan guru yang mana harus mengimplementasikan
prinsip kesantunan berbahasa. Siswa dapat mengembangkan
kemampuan berbicaranya pada pembelajaran Bahasa Indonesia
khususnya saat berdiskusi di dalam kelas. Peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif karena ingin menjelaskan serta mendeskripsikan
penggunaan kesantunan berbahasa dari siswa dan guru di SMP Negeri
1 Wonoayu, Sidoarjo. Data penelitian ini adalah hasil diskusi antara
siswa dan guru saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data
penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas VII-G SMP Negeri 1

Wonoayu, Sidoarjo. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
interaksi antara guru dan siswa begitu santun. Dikarenakan interaksi
antara guru dan siswa telah cukup memenuhi prinsip kesantunan yang
dikemukakan oleh Geoffrey Neil Leech ke dalam enam maksim.
Maksim tersebut meliputi (1) maksim kebijaksanaan; (2) maksim
kedermawanan; (3) maksim penghargaan; (4) maksim kesederhanaan;
(5) maksim pemufakatan; dan (6) maksim kesimpatian.

ABSTRACT
Herawati, D. N. (2023). Implementation of the Principles of Politeness
in Language in Indonesian Language Learning Discussion
Activities Material on Analyzing and Interpreting Poetry for
Grade VII Students of SMP Negeri 1 Wonoayu. Thesis.
Indonesian Education Department, Faculty of Social Sciences
and Humanities, University of PGRI Adi Buana Surabaya,
Advisors: Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd.
Keywords: language learning, politeness principle, discussion
activities.
Learning is called a series of activities between students and
educators in a learning environment. Learning is carried out to develop
students personal intelligence, train students thinking skills, and
process all the information obtained properly. Indonesian language
learning is carried out at all levels of education. The existence of
Indonesian can facilitate the learning process in class. Indonesian is a
means of communication as well as a unifying language. So that
students and teachers can communicate more freely without any
language barriers. In learning Indonesian in class, politeness in spoken
and written language is of course important. This is done so that
communication between teachers and students remains ethical.
Politeness in language is a matter that pays attention to awareness of
one's dignity in language, both when using spoken language or written
language. In discussion activities there will be interaction between
students and teachers which must implement the principle of language
politeness. Students can develop their speaking skills in learning
Indonesian, especially when discussing in class. The researcher used
a qualitative approach because wanted to explain and describe the use
of language politeness by students and teachers at SMP Negeri 1
Wonoayu, Sidoarjo. The research data is the result of discussions
between students and teachers when learning Indonesian. The data
sources for this research were teachers and students in class VII-G of
SMP Negeri 1 Wonoayu, Sidoarjo. So, it can be concluded that the
interaction between teachers and students is so polite. Because the

interaction between teachers and students has sufficiently fulfilled the
principle of politeness put forward by Geoffrey Neil Leech into six
maxims. These maxims include (1) tact maxim; (2) generosity maxim;
(3) approbation maxim; (4) modesty maxim; (5) agreement maxim;
and (6) sympathy maxim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) S1
Depositing User: Mrs Devina Nurya Herawati
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:09
Last Modified: 09 Aug 2024 07:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item
View Item