Analisis Implementasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Buku Siswa Kelas Ii Tema 2

Badri (2021) Analisis Implementasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Buku Siswa Kelas Ii Tema 2. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (698kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (7MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemajuan teknologi pada abad
21 serta tuntutan kecakapan yang harus dimiliki oleh generasi
milenial yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order
Thinking Skills (HOTS). Higher Order Thinking Skills (HOTS)
merupakan keterampillan berpikir lanjut yang tidak sekedar
mengingat dan memahami. Tujuan penelitian ini diantaranya; (1)
Mendeskripsikan jumlah konten yang memuat HOTS dalam buku
siswa kelas II tema 2. (2) Mendeskripsikan ragam level kognitif
berapa sajakah dari aspek HOTS yang terdapat dalam buku siswa
kelas II tema 2. (3) Mendeskripsikan konten yang disajikan dalam
buku siswa tersebut telah memfasilitasi pembelajaran yang
berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Jenis pendekatan penelitian yang digunakan penelitian
deskriptif. Dengan metode penelitian studi kepustakaan (library
reseach). Metode pengumpulan data menggunakan Dokumentasi.
Instrumen penelitian menggunakan lembar dokumentasi atau lembar
analis dengan mencentang atau Check-list salah satu dimensi proses
pengetahuan C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6
(mencipta) dengan memberikan keterangan. Teknik analisis data
menggunakan teknik resitasi dan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian analisis buku siswa kelas II tema 2 telah
memuat 191 konten atau isi dari Sub tema 1 sampai dengan Sub tema
4. Konten yang disajikan dalam buku siswa tersebut telah
memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan
berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)
dan buku ajar tersebut sudah relevan dengan pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 05:31
Last Modified: 16 Jan 2023 04:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item
View Item