FENOMENA TATO DALAM KONTEKS BUDAYA POP DIKALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS ROMO GROUP DIKAWASAN BANGSALSARI JEMBER

SHOLIHIN, MUHAMMAD (2023) FENOMENA TATO DALAM KONTEKS BUDAYA POP DIKALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS ROMO GROUP DIKAWASAN BANGSALSARI JEMBER. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (revisi daftar isi).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (revisi daftar isi).pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 9. HALAMAN LAMPIRAN.pdf] Text
9. HALAMAN LAMPIRAN.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK
Sholihin, Muhammad. 2023. Fenomena Tato Dalam Konteks Budaya
Pop Dikalangan Remaja Pada Komunitas Romo Group Dikawasan
Bangsalsari Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa,
Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora , Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing : Drs. Hariadie, M.Pd
Kata Kunci : Tato, Makna Tato, Budaya POP
Dalam penelitian ini tertuju dikomunitas romo group yang
berada di Kawasan Bangsalsari, Jember untuk mengetahui konteks
terhadap tato dan fenomena tato yang ada di komunitas romo group
bangsalsari, jember.
Skripsi ini megguakan teori interaksi simbolik, untuk
kengetahui fenomena tato dan apa yang melatar belakanginya. Dalam
komunitas ini dapat memunculkan interaksi masyarakat dan dapat
menjadikan suatu hal yang menarik bagi pengguna tato di luar.
Terjadinya suatu fenomena yang dapat membuat pemuda pada
komunitas ini lebih berinisiatif dalam hal tato
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
naratif dimana prosedur penelitian ini pengolahan data serta
penafsirannya berupa hasil observasi peneliti. Untuk memperoleh
data, penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pendekatan kualitatif
analisis data yang digunakan terdapat dua fase utama yaitu fase
deskriptif yang dimulai menyusun narasi transkrip secara teratur
mengenai narasi untuk mengidentifikasi berupa tahapan wawancara
dari awal, tengah dan akhir. Kemudian fase interpretative untuk
menghubungkan narasi dengan teori yang sedang dikaji sebagai hasil
interpretasi data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tato
sebagai budaya pop dimaknai cukup beragam, ada yang memaknai
realities dan cinta yang menggambarkan karakteristik diri sendiri.
Intinya tato yang ada pada tubuh informan sebagai fashion dan ingin
menunjukan pada masyarakat bahwa tato merupakan seni untuk
mereka merasa puas dan bisa mengeskpresikan dirinya melalui tato.
Hal yang melatar belakangi para remaja untuk bertato adalah
menjadikan ciri khas terhadap diri sendiri dan menjadikan hal baru
untuk merubah fashion walaupun menurut beberapa informan merasa
adanya pandangan buruk masyarakat terhadap tato yang saat ini
sebagai di jadikan suatu simbol yang mengjadikan perilaku
menyimpang, akan tetapi tato bukan menunjukan sesuatu perilaku
yang buruk. Namun mereka merasa senang dan bangga akan tato yang
dapat mengapresiasikan diri yang dimana tato sebagai pelajaran
terbaik untuk belajar memahami dan mengenal indahnya seni
kehidupan dengan bertato. Sebab tato di masa dulu mencerminkan
tindakan kriminal tetapi di masa sekarang bisa di jadikan hal yang
positif (seni dan keindahan) itupun kembali ke persepsi orang-orang
yang menilai terhadap orang yang bertato.
Kesimpulanya, bahwasanya tato dijaman sekarang tidak
hanya terpaku pada stigma buruk atau perilaku menyimpang, tetapi
tato merupakan media sebagai apresiasi diri sebagai ungkapan diri
individu akan kesenian dan fashion sekarang. Faktor yang melatar
belakangi ketertarikan remaja saat ini terhadap tato sebagai ajang
fashion yang medianya berupa diri sendiri. Yang dapat menunjukan
katifitasnya dengan menggunakan tato, dimana mereka dapat
memahami seni bertato sekaligus menepis pandangan masyarakat
bahwa penggunaan tato itu tidak selalu mencerminkan tindakan
kriminal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Seni Rupa S1
Depositing User: Mr Muhammad Sholihin
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:21
Last Modified: 16 Jul 2024 08:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item
View Item