Pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap pemahaman konsep siswa

Asmassani, Ayus Nurrohmat (2021) Pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap pemahaman konsep siswa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depann pdf.pdf] Text
1. Halaman depann pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (917kB)
[thumbnail of 2. Abstrak .pdf] Text
2. Abstrak .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (208kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (437kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran IPS dalam pembelajaran daring.
Kurangnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS
disebabkan oleh kurangnya guru dalam menggunakan media
pembelajaran. Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih sering
terpaku pada penjelasan guru dan buku. Tujuan yang ingindicapai
pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap pemahaman konsep siswa pada materi
keberagaman budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan bentuk deskriptif kuantitatif. Sumber data
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A dan B di SDN Sedati
Gede II Sidoarjo dengan jumlah 32 dan 25 siswa. Teknik
pengumpulan data adalah tes tulis, Analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa nilai thitung pada tabet t diperoleh t hitung negatif,
yaitu - 17,091 yang artinya rata- rata sebelum perlakuan lebih rendah
dari pada ratarata sesudah perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan
terjadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dari pre-test ke
post-test. Berdasarkan tabel Paired Sample t-t est diperoleh
signifikansi = 0,000 kurang dari taraf signifikan () = 0,05, maka H0
ditolak hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang
artinya benar bahwa ada pengaruh saat pre-test dengan menggunakan
media dan post-test sebelum menggunakan media. Akan tetapi kelas
A kontrol dan B ekperimen tidak menemukan pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:13
Last Modified: 03 Jan 2023 07:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item
View Item