PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TK B (5-6 TAHUN) TK PESANTREN TARBIYATUL AULAD MOJOKERTO

Sholikhah, Firdaus Akhmada (2023) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TK B (5-6 TAHUN) TK PESANTREN TARBIYATUL AULAD MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN .pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sholikhah, Firdaus Akhmada. 2022. Pengaruh
Permainan Ular Tangga Terhadap
Kemampuan Berhitung Pada Anak TK B (5-6
Tahun) TK Pesantren Tarbiyatul Aulad
Mojokerto. Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: Ular Tangga, Kemampuan Berhitung, Anak
Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan
berhitung anak yang masih kurang karena pelaksanaan
kegiatan pembelajaran di TK Pesantren Tarbiyatul Aulad
Mojokerto yang hanya berfokus pada kegiatan akademik
dan mengabaikan kegiatan bermain sebagai suatu praktik
pendidikan, sehingga menyebabkan anak mengalami
kesulitan dalam berhitung. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga
terhadap kemampuan berhitung pada anak TK B TK
Pesantren Tarbiyatul Aulad Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan
bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subyek yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 anak.
Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah
teknik uji beda hasil Pretest dan Posttest (Uji t). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumen dan tes.
viii
Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang
telah dilakukan, dengan demikian hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima. Hasil perhitungan di atas,
maka didapatkan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 <
0,05. Sehingga dapat disimpulkan yang bahwa permainan
ular tangga berpengaruh terhadap kemampuan berhitung
anak TK B TK Pesantren Tarbiyatul Aulad Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Mrs Firdaus Akhmada Sholikhah
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:36
Last Modified: 03 Jul 2024 08:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item
View Item