Windari, Ade (2021) PERAN KELUARGA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA KELAS I DI RT 05 DUKUH KUPANG GANG XV SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (540kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (150kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (105kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (497kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran keluarga yang
mendampingi anak belajar dengan memperhatikan aspek
perilaku belajar yaitu psikomotorik, afektif, kognitif siswa.
Masa pandemi covid-19 membuat peran keluarga khusunya
orang tua untuk mendampingi anak belajar saat pembelajaran
dilakukan secara daring. Namun, tidak semua orang tua
menemani anak belajar, keluarga lainnya juga ikut berperan
dalam mendampingi anak beljar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan kuesioner/angket dengan teknik analisis data:
reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data Display),
penyajian data (Data Display) dengan keabasahan data
triangualasi teknik digunakan sesuai dengan judul penelitian
yaitu Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar pada
siswa kelas 1 di RT 05 Dukuh Kupang Gang XV Surabaya.
Berdasarkan hasil keabsahan data observasi, wawancara
serta kuesioner/angket peran keluarga dalam mendampingi
anak belajar di RT 05 Dukuh Kupang Gang XV Surabaya
dengan perilaku belajar psikomotorik, afektif dan kognitif
“sangat baik”. Pendampingan psikomotorik keluarga
memberikan contoh sebelum membuat suatu prakarya,
keluarga mendampingi anak dalam kebiasaan tingkah laku
yaitu berdoa sebelum belajar, keluarga mendampingi anak
ketika mengerjakan tugas online.
Hasil dari penelitian ini adalah peran keluarga dalam
mendampingi anak belajar di RT 05 Dukuh Kupang Gang XV Surabaya dalam aspek psikomotorik keluarga menemani dan
memberikan contoh kepada anak saat mengerjakan tugas
prakarya, mengingatkan anak dan membiasakan diri untuk
berdoa sebelum belajar pada aspek afektif, memberikan arahan
saat anak mengerjakan tugas berhitung serta menemani anak
saat mengalami kesulitan dalam berhitung pada aspek kognitif
dan anak mampu memecahkan tugas berhitung secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:24 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/621 |