Nurjanah, Dian Mustachin (2023) Peran Pola Asuh Demokratis dan Permisif Terhadap Kemampuan Bicara Anak Bicara Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (303kB)
3. BAB I.pdf
Download (322kB)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (302kB)
5. Lampiran.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Nurjanah,Dian Mustachin.2023. Peran Pola Asuh Demokratis Dan Permisif Terhadap
Perkembangan Bicara Anak Usia 5 – 6 Tahun.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Isabella Hasiana.,S.Psi.,M.Psi
Kata kunci : anak usia dini,Pendidikan ,Pola asuh, Kemampuan bicara
Perkembangan Bicara adalah suatu ilmu dasar tentang bahasa yang sangat penting diberikan untuk anak usia dini agar anak dapat berbahasa yang baik kepada lingkungan sekitar dan menjaga diri dari lingkungan sekitar atau orang lain yang tidak dikenalnya. Pengenalan perkembangan bicara untuk anak usia dini tidak lepas dari peran pola asuh orang tua. Pengenalan Pendidikan bahasa dapat dikenalkan dengan cara berbeda setiap orang tua memiliki pola pengasuhan berbeda-beda sehingga memberikan dampak berbeda juga terhadap pengenalan perkembangan bicara.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran pola asuh orang tua terhadap kemampuan bicara anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan data melalui observasi ,wawancara dan dokumentasi. Kemudian , subjek dari penelitian ini adalah 2 anak yang memiliki pola pengasuhan demokratis dan permisif. Informan yang diambil berjumlah 4 orang yang merupakan orang tua yang membantu pengasuhan objek.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil yaitu jenis pola asuh yang diterapkan orang tua menimbulkan perbedaan perilaku terhadap pengetahuan bicara pada anak usia 5-6 tahun. Dengan pola asuh permisif yang digunakan menimbulkan lebih banyak dampak negatif dibandingkan pola asuh demokratis dampak yang positif. Berkembangnya penelitian ini ditemukan bahwa jumlah anak dalam keluarga,cara berkomunikasi serta persepsi lingkungan terkait kemampuan bicara
ABSTRACT
Nurjanah, Dian Mustachin. 2023. The Role of Democratic and Permissive Parenting Patterns on Speech Development in Children Aged 5-6 Years. Early Childhood Education Teacher Education Study Program. Faculty of Pedagogy and Psychology. PGRI Adi Buana University, Surabaya. Advisor: Isabella Hasiana.,S.Psi.,M.Psi
Keywords: early childhood, education, parenting style, speaking ability
Speech development is a basic knowledge of language which is very importantfor early childhood so that children can speak well to their surroundings and protect themselves from the surrounding environment or other people they do not know. The introduction of speech development for early childhood cannot be separated from the role of parenting styles. Introduction Language education can be introduced in different ways, each parent has a different parenting style so that it has a different impact on the introduction of speech development.
This research was conducted to find out how the role of parenting influences the speech abilities of children aged 5-6 years. The research method used is descriptive qualitative by collecting data through observation, interviews and documentation. Then, the subjects of this study were 2 children who had democratic and permissive parenting styles. Informants taken were 3 people who were parents who helped care for the object.
Based on the research that has been done, the results show that the type of parenting applied by parents causes differences in behavior towards speech knowledge in children aged 5-6 years. The permissive parenting style used has more negative impacts than the positive impacts of democratic parenting. The development of this research found that the number of children in the family, how to communicate and environmental perceptions related to speech ability.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Unnamed user with email 199000017@student.unipasby.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 08:24 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 08:24 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6252 |