Pengaruh Media Rumah Pintar Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA El Rahmah Surabaya

Nafisah, Durrotun (2023) Pengaruh Media Rumah Pintar Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA El Rahmah Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL.pdf] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan
kognitif dalam cara berfikir logis pada usia 4-5 tahun yang
masih rendah. Masih rendahnya kemampuan kognitif
dalam berfikir logis disebabkan oleh kurangnya
pemanfaatan Alat Permainan Edukatif yang ada di
sekolah, Guru sebatas menggunakan LKA (Lembar Kerja
Anak) sehingga kurang menarik minat dan perhatian anak
terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh media rumah pintar terhadap kemampuan
kognitif anak usia 4-5 tahun di RA El Rahmah Surabaya.
Perkembangan kognitif dalam penelitian ini adalah
memasang benda sesuai fungsingnya, mengenal konsep
warna primer (merah, kuning, hijau), mengelompokkan
berbagai benda serta menghubungkan nama benda dengan
tulisan sederhana.
Penelitian ini menggunakan rancangan Pre�Eksperimental One Group Pretest-Postest Design dengan
sampel sejumlah 20 anak usia 4-5 tahun di RA El Rahmah
viii
Surabaya. Data dikumpulkan dengan teknik observasi
partisipatif. Hasil analisis data mendapatkan nilai t-hitung
adalah sebesar 26,66 sementara indeks t-tabel adalah
1.72913 untuk taraf signifikansi 0,05, dan 2.53948 untuk
taraf signifikansi 0,01 maka Hipotesis Nol (H0) ditolak,
Hipotesis Kerja (H1) diterima sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh dari media rumah pintar terhadap
perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA El
Rahmah Surabaya.

This research is motivated by the cognitive
abilities in how to think logically at the age of 4-5 years
which are still low. The low level of cognitive abilities in
logical thinking is caused by the lack of use of educational
game tools in schools, teachers only use LKA (children's
worksheets) so that they do not attract children's interest
and attention to the material provided by the teacher. The
goal to be achieved in this study is to determine the effect
of smart home media on the cognitive abilities of children
aged 4-5 years at RA El Rahmah Surabaya.
Cognitive development in this study is assembling objects
according to their function, recognizing the concept of
primary colors (red, yellow, green), grouping various
objects and associating the names of objects with simple
writing.This study used a Pre-Experimental One Group
Pretest-Postest Design with a sample of 20 children aged
4-5 years at RA El Rahmah Surabaya. Data was collected
by participatory observation techniques. The results of
x
data analysis obtained the t-count value of 26.66 while the
t-table index was 1.72913 for a significance level of 0.05,
and 2.53948 for a significance level of 0.01, so the Null
Hypothesis (H0) was rejected, the Working Hypothesis
(H1) was accepted so that it can be concluded that there is
an influence from smart home media on the cognitive
development of children aged 4-5 years at RA El Rahmah
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Unnamed user with email 199000020@student.unipasby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:23
Last Modified: 03 Jul 2024 08:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6253

Actions (login required)

View Item
View Item