Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia TK B Di TK Bulan

Qolbi, Fitri Shabrina (2023) Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia TK B Di TK Bulan. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf

Download (555kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak
guna mengembangkan kemampuannya didalam bercerita khusunya
untuk anak usia TK B dengan rentan umur 5-6 tahun. Rendahnya
kemampuan bercerita anak di depan umum seringkali disebabkan oleh
kurangnya perhatian pendidik didalam menyertakan media
pembelajaran yang lebih menarik dan tidak hanya terpacu pada lembar
kerja anak (LKA) yang telah dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah
guna mengetahui Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Untuk
Mengembangkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia TK B di TK
Bulan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian, yaitu pre test dan post test. Penelitian 35
anak usia TK B di TK Bulan. Menggunakan metode analisis statistik
dengan rumusan yang digunakan adalah Uji T yang sesuai dengan
judul penelitian yaitu “Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar
Untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia TK B
di TK Bulan”. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS v.16 dapat dilihat
uji paired sampe test diatas nilai Sig (2-tailled) sebesar 0,000 < 0,005,
atau dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media
buku cerita bergambar berpengaruh signifikan terhadap kemampua
membaca siswa TK B di TK Bulan.

ABSTRACT
This research is motivated by the cognitive ability of children
to develop their ability to tell stories, especially for Kindergarten B
children who are vulnerable to the age of 5-6 years. The low ability of
children to tell stories in public is often caused by a lack of attention
from educators in including learning media that is more interesting and
not only focused on the children's worksheets (LKA) that have been
made. The purpose of this study was to determine the effect of
illustrated storybook media on developing storytelling skills in
children aged TK B in TK Bulan.
This study used a quantitative research approach with a
research design, namely pre-test and post-test. Research on 35 children
aged Kindergarten B in Kindergarten Month. Using a statistical
analysis method with the formulation used is the T test which is in
accordance with the research title "The Effect of Picture Storybook
Media to Develop Storytelling Skills in Kindergarten B Children in
Month Kindergarten". Based on the calculation results of SPSS v.16,
it can be seen that the paired sample test above the Sig (2-tailed) value
of 0.000 <0.005, or it can be concluded that learning using picture
story books has a significant effect on the reading ability of
Kindergarten B students in Month Kindergarten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Unnamed user with email 199000006@student.unipasby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:59
Last Modified: 03 Jul 2024 07:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item
View Item