Hasbullah, Yafi Hanif (2023) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 MOJOANYAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1.Halaman Depan.pdf
Download (556kB)
2.ABSTRAK.pdf
Download (90kB)
3.BAB I.pdf
Download (174kB)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (233kB)
5.LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ada siswa yang belum mampu memahami dirinya sendiri, yang membuat komunikasi yang terjadi pada siswa tersebut terhambat. Anak diusia SMP diakui sebagai masa yang penting dalam rentang kehidupan, suatu masa perubahan, usia bermasalah saat dimana individu mencari identitas dan ambang dewasa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal yang ada pada siswa di SMP Negeri 2 Mojoanyar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan menggunakan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mojoanyar dengan jumlah 141 siswa. Metode menggunakan analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan komputer Program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 26 for windows.
Berdasarkan hasil uji korelasi yang menggunakan aplikasi SPSS versi 26 menunjukan nilai siginifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa konsep diri memiliki hubungan dengan komunikasi interpersonal. Hubungan yang diberikan pada kedua variabel bersifat positif, dilihat dari nilai pearson correlation yang bernilai 0.585 yang menjelaskan bahwa semakin tinggi konsep diri pada siswa maka akan tinngi komunikasi interpersonal yang dimiliki sebaliknya saat konsep diri yang dimiliki rendah maka komunikasi interpersonal yang dimiliki rendah.
This study was conducted by students who don't have the capability to acknowledge themselves, which affect communication inhibited in student. Adolescence in the mid-school is known critical period in life when an individual seeks identity and threshold to be an adult. This study aims to search for the correlation between self-concept and interpersonal communication in SMP Negeri 2 Mojoanyar students.
This quantitative study uses a statistical approach with correlational from the questionnaire as data. The subject of this study is a student of SMPN Negeri 2 Mojoanyar in 8th grade with a total participant is 141. A method used in this study is moment product correlation from Karl Pearson with SPSS software, with a formula that uses the same as this study title.
Based on the correlation test which uses SPSS software, the result gives a significant score of 0,000<0,05. That makes there a correlation between self-acknowledged and intrapersonal communication. Their positive correlation between these two variables from Pearson correlation of 0,585 which explain higher self-concept and higher interpersonal communication, also happens the way around
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Mr. Yafi Hanif Hasbullah |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:48 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:48 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6322 |