Evianti, Allya Dwi (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X-4 DI SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN ALLYA.pdf
Download (415kB)
ABSTRAK.pdf
Download (176kB)
BAB I.pdf
Download (241kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (222kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Teknik
Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk
meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Peserta Didik di SMA
Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Rancangan penelitian ini
menggunakan one group pre-test post-test design yang diberikan
kepada 5 Peserta Didik yang memilki Komunikasi Interpersonal yang
rendah, diperoleh dari skor skala pengukuran Pre-test. Penelitian ini
termasuk dalam Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan Analisis
Data non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Didapati hasil analisis data
perhitungan di peroleh Asymp. Sig. = 0,043. Oleh karena itu, nilai
Asymp. Sig. (0,043) < (0.5) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan
hasil akhir ini nilai Post-test yang diberikan pada kelima Peserta Didik
tersebut menunjukkan adanya peningkatan dalam Komunikasi
Interpersonalnya, yang semula rendah menjadi sedang – tinggi.
Artinya terdapat perbedaan skor terhadap Komunikasi Interpersonal
pada Peserta Didik sebelum dan sesudah diberikan treatment. Maka
dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya Layanan
Bimbingan Kelompok dengan menggunakan Teknik Sosiodrama
Efektif meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Peserta Didik di
SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.
This research was conducted to determine the effect of
Sosiodrama Techniques in Group Guidance Services to improve
Interpersonal Communication for Students at Taruna Pembangunan
Intensive High School Surabaya. The design of this study used a one
group pre-test post-test design which was given to 5 students who had
low interpersonal communication, obtained from the pre-test
measurement scale scores. This research is included in Quantitative
Research using non-Parametric Data Analysis with the Wilcoxon Test.
It was found that the results of the analysis of the calculation data were
obtained by Asymp. Sig. = 0.043. Therefore, the Asymp. Sig. (0.043)
< (0.5) then H0 is rejected and Ha is accepted, with the final result the
Post-test scores given to the five students show an increase in their
Interpersonal Communication, which was originally low to medium -
high. This means that there are differences in scores on Interpersonal
Communication in Students before and after being given treatment. So
it can be concluded that the hypothesis is accepted, meaning that
Group Guidance Services using Sosiodrama Techniques Effectively
improve Interpersonal Communication for Students at Taruna
Pembangunan Intensive High School Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Mrs. Allya Dwi Evianti |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:31 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:31 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6350 |