PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SECARA DARING KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

AYUNDARY, INDAH (2021) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SECARA DARING KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan-dikonversi.pdf] Text
1. Halaman Depan-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (616kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan Lampiran-dikonversi.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan Lampiran-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak cerita siswa
kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.Salah satu penyebabnya adalah guru tidak
menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran menyimak cerita.Untuk
mengatasi permasalahan tersebut, dipilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi
menyimak cerita yaitu media audio visual film animasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan menyimak cerita. Adapun secara rinci tujuan tersebut meliputi:
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan
media audio visual film animasi, hasil belajar keterampilan menyimak cerita siswa, serta kendala
yang dihadapi selama proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media audio
visual film animasi dan cara mengatasinya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1
Surabaya yang berjumlah 27 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, tes dan angket.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan keterlaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan media audio visual film animasi kelas V SDN Tenggilis
Mejoyo 1 Surabaya menunjukkan hasil yang baik atau termasuk dalam kriteria Baik.Hal ini
dibuktikan dengan perolehan persentase. Hasil pelaksanaan pembelajaran 100%, Data hasil
belajar siswa 88,8%, dan hasil angket peserta didik mencapai 91%. Jadi dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media audio visual film animasi dapat meningkatkan keterampilan
menyimak cerita siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.Oleh karena itu, guru
disarankan agar media audio visual film animasi digunakan dalam pembelajaran menyimak
cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:52
Last Modified: 16 Jan 2023 03:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item
View Item