ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN PLATFORM PEMBELAJARAN DARING DI SD HANG TUAH X JUANDA

Baihaqi, Samihur Riza (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN PLATFORM PEMBELAJARAN DARING DI SD HANG TUAH X JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (229kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pada saat ini yaitu
dengan adanya wabah penyakit virus covid-19 yang berawal pada
tanggal 31 Desember 2019 di kota Wuhan provinsi Hubai Tiongkok,
saat ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia dengan
sangat cepat. Dan Indonesia adalah salah satu Negara yang terdampak
covid-19. Pada 5 juni 2020 sampai 26 0ktober 2020 indonesia
melaporkan jumlah kasus pasien yang positif terpapar covid-19
mencapai angka 392.934 orang. Mentri pendidikan dan kebudayaan
republic Indonesia mengeluarkan surat edaran kebijakan pendidikan
dalam masa darurat penyebaran covid-19 pada tanggal 24 Maret 2020
tentang proses belajar mengajar dilaksanakan dirumah melalui
pembelajaran daring atau jarak jauh. Melalui pemanfaatan teknologi
informasi yang sudah sangat maju di era abad ini.
Dari hal tersebut menggambarkan seberapa efektifitas
penerapan platform pembelajaran daring selama pandemi covid-19
pada tingkat pendidikan sekolah dasar di SD Hang Tuah X Juanda.
Tentunya masih menemukan kendala atau hambatan dalam
menerapkan platform pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru kelas
di SD Hang Tuah X Juanda. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Untuk
mengetahui hasil dari tujuan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah
dijelaskan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penerapan platform
pembelajaran daring kurang efektif. Dikarenakan menemukan banyak
kendala dan hambatan pada proses penerapan platform pembelajaran
daring, seperti adanya gangguan sinyal pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan platform pembelajaran daring, kondisi kelas yang
kurang kondusif, kurangnya konsentrasi siswa, proses penyampaian
materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik, adanya batasan
waktu pada saat menerapkan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:06
Last Modified: 11 Jan 2023 06:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item
View Item