Abdillah, Rahmad (2023) PENERAPAN MODEL SMALL SIDED GAMES TERHADAP TINGKAT AKURASI PASSING SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMPN SUKODONO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN RAHMAD.pdf
Download (700kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (135kB)
3. BAB 1.pdf
Download (144kB)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (128kB)
5. LAMPIRAN RAHMAD.pdf
Download (1MB)
Abstract
Abdillah, Rahmad. 2022. Penerapan Model Small Sided Games Terhadap Tingkat Akurasi Passing Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Sukodono. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Psikologi dan Pedagogik. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Ujang Rohman, M.Kes. Pembimbing (2) Dr. Sumardi, M.Kes.
Kata Kunci : Akurasi Passing, Sepakbola, Ektrakulikuler.
Berdasarkan dari latar belakang, identifikasi masalah dan batasan masalah yang telah diuraikan di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah ada pengaruh latihan dengan menggunakan small sided games terhadap kemampuan passing siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMPN 2 Sukodono .”. Penelitian ini diharapakan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan sumbangan pemikiran yang mempunyai manfaat terutama bagi peneliti khususnya cabang olahraga sepakbola dalam merencanakan dan melaksanakan program latihan dengan baik. Secara praktis dapat mengetahui manfaat dari latihan small sided games terhadap peningkatan akurasi passing siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 2 Sukodono. Dengan membaca penelitian ini, dapat memberikan masukan kepada pelatih dan pembina olahraga baik di sekolah-sekolah umum dan sekolah sepakbola tentang metode latihan small sided games.
Metode pengumpulan data juga merupakan juga merupakan faktor yang penting dalam penelitian, karena berhubungan dengan data yang diperoleh. Untuk memperoleh data yang sesuai maka peneliti menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Metode ini dimaksudkan untuk mengumpulkan mengenai kemampuan teknik dasar bermain sepakbola khususnya passing dengan menggunakan teknik tes serta pengukuran tingkat akurasi passing sepakbola. Berdasarkan analisi data hasil penelitian diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap kelompok yang diteliti. Pemberian perlakuan latihan small sided games memberikan pengaruh terhadap peningkatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakuluikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono. Untuk mengetahui adanya perbedaan atau pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono dapat dibutuhkan dengan uji-t. Uji-t akan menampilkan besar nilai t hitung dan signifikannya. Ada tidaknya peningkatan ketepatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono setelah diberi perlakuan metode latihan small sided games dapat diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest pada uji-t tersebut. Hasil uji-t menunjukkan bahwa metode latihan small sided games memberikan peningkatan yang signifikan terhadap ketepatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono, dengan nilai t hitung 2,196 ttabel (0,05)(19) 2,093, nilai signifikasi 0,041 0,05, dan kenaikan presentase sebesar 15,79%,. Ketepatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono mengalami peningkatan setelah melakukan latihan small sided games dengan ditunjukkan oleh nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada latihan small sided games terhadap peningkatan ketepatan passing pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SMPN 2 Sukodono, dengan nilai t hitung 2,196 ttabel (0,05)(19) 2,093, nilai signifikansi 0,041 0,05, dan kenaikan presentase sebesar 15,79%, sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Mr Rahmad Abdillah |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 08:36 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 08:36 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6412 |