Ardilla, Rizka (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA KAMPUS NGAGEL UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf
Download (620kB)
2. Abstrak.pdf
Download (113kB)
3. BAB I.pdf
Download (219kB)
8. Daftar Pustaka Rizka.pdf
Download (193kB)
9. Lampiran Rizka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilandaskan pada permasalahan dimana sering terjadi di kalangan mahasiswa yaitu tingginya prokrastinasi akademik. Hal ini terlihat dari mahasiswa yang suka menunda-nunda tugas atau pekerjaan, serta mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk kuliah sambil bekerja. Analisis digunakan pada setiap indikator pada variabel dengan menyerahkan kategori guna menjelaskan skor ‘mean’ sebuah respon terhadap setiap indikator nilai rata-rata yang dihitung dan dikelompokkan berdasarkan kondisi berikut. Penelitian pra-eksperimen dengan pre-test dan post-test ialah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian yang dilaksanakan di Universitas X ini diikuti oleh sepuluh orang anggota Angkatan 2019. Hasil uji sig t-test diperoleh dengan dukungan software SPSS for Windows versi 16.0 dan data kuantitatif dalam penelitian. 0,000 < 0,05, yang membuktikan bahwasanya pre-test dan post-test berbeda. Menurut temuan penelitian ini, tingkat tinggi perilaku prokrastinasi akademik sebelum mendapat treatment adalah 133 namun menurun menjadi 98 setelah mendapat perlakuan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan video animasi dalam bimbingan kelompok dan layanan informasi mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas X angkatan 2019.
The high level of academic procrastination, which can be seen in students who like to procrastinate on assignments or work, as well as in students who are active in campus and organizational activities and work, is the impetus for this research. This research employs pre-experimental research with pre- and post-tests. Ten students from the class of 2019 were the subjects of the research, which was carried out at University X. A sig t-test result was obtained using quantitative data and the Paired sample T test with SPSS for Windows 16.0. 0.000 < 0,05, which indicates that the pre-test and post-test differ. The study found that 133 students engaged in high levels of academic procrastination prior to receiving treatment. Following treatment, it dropped to 98. Therefore, it can be concluded that the University X class of 2019's group guidance, information services, and use of animated videos reduce academic procrastination.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Rizka Ardilla |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:44 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6434 |