Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas 4 Sdn Sedati Gede 02

Ningrum, Melati Kusuma (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas 4 Sdn Sedati Gede 02. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (384kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (17kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (46kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN-dikompresi.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN-dikompresi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (813kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemapuan siswa dalam
ranah kognitif yaitu pada materi daur hidup hewan yang masih
tergolong rendah. Disebabkan kurang tepatnya guru dalam pemilihan
media dan model dalam pembelajaran daring. Guru masih
menggunakan pembelajaran yang terpaku pada buku siswa sehingga
siswa mengalami kebosanan. Tujuan penelitian ini untuk
membuktikan bahwa menggunakan model problem based Learning
berbantu PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang
lebih baik.Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-C SDN Sedati
Gede 02 dengan jumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dari
penelitian ini menggunakan observasi pendidik, peserta didik dan tes
hasil belajar siswa, serta analisa data menggunakan
persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantu powepoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas 4 Sdn Sedati Gede 02.
l tersebut terbukti : (1) Siklus I diperoleh
nilai rata rata hasil tes belajar siswa adalah 75,07 dan ketuntasan
belajar mencapai persentase 50% atau ada 19 siswa dari 38 siswa
sudah tuntas belajar, dan (2) Siklus 2 diperoleh nilai rata rata hasil
tes belajar siswa 90,18 dari 32 siswa yang telah tuntas sebanyak 6
siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasial
ketuntasan belajar yang telah dicapai sebesar 88,21

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:00
Last Modified: 11 Jan 2023 04:00
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item
View Item