Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Kelas Iv Sdn Kebondalem Mojosari

Mufattahatin, Nurma Bella (2021) Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Kelas Iv Sdn Kebondalem Mojosari. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. Halaman Awal.pdf] Text
1. Halaman Awal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (442kB)
[thumbnail of 2. Abstark.pdf] Text
2. Abstark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (129kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (173kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IVA SDN Kebondalem
Mojosari, ditemukan permasalahan bahasa Indonesia tentang menulis
narasi. Proses pembelajaran belum menggunakan media, metode,
model, atau strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan nilai
menulis narasi, dari 26 siswa hanya 4 siswa yang ada dibawah nilai
KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan menerapkan
metode Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mendeskripsikan proses penerapan metode mind mapping pada
keterampilan menulis karangan narasi kelas IV SDN Kebondalem
Mojosari. Untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IVA SDN
Kebondalem Mojosari dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek
menulis karangan narasi dengan menggunakan metode Mind
Mapping, terhadap keterampilan menulis karangan narasi dari segi
penggunaan tanda baca, kesesuaian isi dengan tema, dan ejaan siswa
kelas IVA SDN Kebondalem Mojosari dengan menggunakan metode
Mind Mapping.?”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa
mampu dalam menyelesaikan masalah terutama ketika berhadapan
dengan suatu tema. Mereka mampu memahami apa yang perlu di
lakukan ketika menerima tema dalam proses mengambar. 2) Terlihat
indikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran
mengambar dengan tema yang mereka pikirkan. Hal tersebut nampak
ketika siswa mampu menuangkan ide, gagasan serta pengalamanya
kedalam bentuk mind mapping yang kemudian diwujudkan dalam
bentuk karya gambar. 3) Dalam proses mengambar dengan
menggunakan metode mind mapping siswa berani mengeluarkan ide
dan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:02
Last Modified: 11 Jan 2023 03:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item
View Item