PRAMANA, TOBY DWI (2020) PENGGUNAAN PART AND WHOLE METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH MATERI BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VI MI MUHYIDDIN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman depan.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (543kB)
2. Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (35kB)
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (112kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (805kB)
Abstract
Pramana, Toby Dwi. 2021. Penggunaan Part And Whole Method
Terhadap Hasil Belajar Smash Materi Bola Voli Pada
Siswa Kelas VI MI Muhyiddin Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Dosen Pembimbing (1) Dr. Sumardi, M.Kes. Dosen
Pembimbing (2) Moh Hanafi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Part And Whole Method, hasil belajar, Smash Bola
Voli
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji
implementasi part and whole method terhadap hasil belajar materi
smash pada bolavoli di MI Muhyiddin Surabaya. Hipotesis yang di
ajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode
part and whole terhadap hasil belajar smash bolavoli pada siswa
kelas VI di MI Muhyiddin Surabaya..
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Muhyiddin
Surabaya kelas VI terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VI A-B dengan
setiap kelas terdiri dari 30-33 siswa yang ke kemudian dipilih secara
cluster random sampling untuk menentukan jumlah sampelnya. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan
pendekatan kuantitatif.. Desain penelitian ini terdapat satu kelompok
saja yang diambil secara cluster random sampling, yang diukur dua
kali, pengukuran pertama (pretest) dilakukan sebelum subjek diberi
perlakuan, kemudian perlakuan (treatment), yang akhirnya ditutup
dengan pengukuran kedua (posttest). Analisis data yang digunakan
untuk menguji hipotesis adalah rumus uji Independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3,027 dan
nilai signifikansi 0,099. Nilai signifikansi menyatakan lebih dari
0,05. Sehingga hasil analisis tersebut menunjukkan menujukkan
adanya implementasi yang signifikan dari metode pembelajaran part
and whole terhadap hasil belajar materi smash pada bolavoli di MI
Muhyiddin Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 07:30 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:22 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/667 |