PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI

ARYANTI, DHITA YUTDHI (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada materi sistem peredaran darah. Dalam berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran siswa lebih banyak bergurau dan berbiacara sendiri. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa yang masih rendah dengan nilai dibawah KKM.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasy Eksperimen Design. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN Kebondalem Mojosari. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen sebesar 84,88 dan kelas kontrol sebesar 72. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent T Test dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh thitung sebesar 5,43 dan ttabel sebesar 2,01. Sehingga thiitung > ttabel, dimana 5,43 > 2,01 H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mrs. Dhita Yutdhi Aryanti
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:16
Last Modified: 30 Apr 2024 04:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item
View Item