Ramadhan, Syahrul (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MASKER TERHADAP KEMAMPUAN LARI TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA USIA 16-19 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (555kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (93kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (319kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (339kB)
Abstract
Ramadhan, Syahrul. 2021. Pengaruh Penggunaan Masker TerhadapKemampuan Lari Tes Kesegaran Jasmani IndonesiaUsia16-19 Tahun. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. dr. Hayati M.Kes. Pembimbing (2) Shandy Pieter S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : penggunaan masker, lari TKJI usia 16-19 tahun. Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahanyangadapada dunia khususnya di negara kita sendiri yang sedangdilandaoleh sebuah virus yang berbahaya bernama Covid 19. Selamamasihbelum ditemukan sebuah solusi untuk virus ini dianjurkanuntuktetap dirumah saja terlebih ada kepentingan yang mendesakdanselalu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan memperhatikanprotokol kesehatan serta membudayakan 3M. Karena dalammasaPSBB semua instansi pendidikan diberhentikan untuk melakukanproses belajar mengajar secara tatap muka diganti denganpembelajaran daring maka untuk mata pelajaran pendidikanjasmanitidak bisa dilakukan juga dilapangan. Tetapi di SMKN4Surabayamemiliki cara khusus untuk mata pelajaran pendidikan jasmani agarsiswa bisa tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga yaitudenganpraktek secara mandiri melakukan lari TKJI usia 16-19 tahundantetap memperhatikan protokol kesehatan. Tujuan penelitianyangingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruhpenggunaan masker terhadap kemampuan lari TKJI usia 16-19tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankuantitatifdalam jenis penelitian Post-test Only Control Group Design. Subjekpenelitian adalah siswi kelas XI Pemasaran 3 di SMKN4Surabayadengan jumlah 38 anak. Metode pengumpulan data yang digunakanadalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupalembarobservasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakananalisis
ii
deskriptive, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji TTestIndependent. Bentuk pengaruhnya ditunjukkan pada hasil analisisdeskriptive yaitu lari dengan menggunakan masker akanmendapatkan perolehan waktu minimum yang lebih besar daripadalari tanpa menggunakan masker, lari dengan menggunakanmaskerakan mendapatkan waktu maximum yang lebih besar dibandingkanlari tanpa menggunakan masker, lari dengan menggunakanmaskerakan mendapat nilai minimum yang lebih rendah dari lari tanpamenggunakan masker, lari dengan menggunakanmaskermempengaruhi nilai maximum yang lebih rendah dari lari tanpamenggunakan masker, lari dengan menggunakanmaskermendapatkan mean waktu yang semakin besar dibandingkanlaritanpa menggunakan masker, lari dengan menggunakanmaskersemakin kecil perolehan mean nilai yang didapatkan daripadalaritanpa menggunakan masker, standart deviation yang diperolehlaridengan menggunakan masker lebih kecil dibandingkan lari tanpamenggunakan masker, dan standart devation yang diperolehlaridengan menggunakan masker lebih kecil dibandingkan lari tanpamenggunakan masker. Kemudian di analisis menggunakanujiNormalitas, uji homogenitas, dan uji T Test Independent. Dari thitung diketahui bahwa nilai probabilitasnya atau signifikansebesar0,01. Jika nilai probabilitas lebih kecil dari taraf probabilitas yangdijadikan pedoman untuk pengambilan keputusan berarti dapatdisimpulkan bahwa Ho ditolak yang mengartikan penggunaanmasker mempengaruhi kemampuan lari TKJI usia 16-19 tahun
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 06:44 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 07:58 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/75 |