PENGEMBANGAN MEDIA UBROK (UNO OBROLAN KITA) UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA

Yuniar Maisefa, Veranda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA UBROK (UNO OBROLAN KITA) UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Veranda Yuniar Maisefa. (2024). Pengembangan Media
Permainan UBROK (UNO Obrolan Kita) Untuk
Meningkatkan Etika Komunikasi Interpersonal Siswa
SMA. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing : Dr. Muwakhidah,
S.Pd. MPd.
Kata Kunci: Media Permainan, UNO, Bimbingan Kelompok,
Etika Komunikasi Interpersonal
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena
yang ada di SMA Negeri 22 Surabaya yang menunjukkan
bahwa tingkat etika komunikasi interpersonal yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan
permainan Ubrok yang memenuhi kriteria akseptabilitas serta
menghasilkan panduan permainan Ubrok yang efektif untuk
meningkatkan etika komunikasi interpersonal siswa SMA.
Penelitian ini memiliki spesifikasi produk yang diharapkan
yakni produk yang dihasilkan dalam penelitian dan
pengembangan diharapkan mampu menghasilkan produk
yang layak dan berkualitas untuk digunakan sebagai media
dalam bimbingan dan konseling.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan
pengembangan (Research and Development) prosedur Borg
and Gall. Prosedur yang digunakan yakni tigas langkah, studi
pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk
media, dan tahap uji produk. Langkah pada uji produk yakni
uji ahli, dan uji calon pengguna (Guru BK dan siswa SMA).
Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni
angket akseptabilitas sebagai penilaian produk media dan
angket etika komunikasi interperosnal siswa. Teknik analisis
data yang digunakan yakni Interater Agreement Model sebagai
data kuantitatif, saran, masukan, dan kritikan sebagai data
deskripstif pada uji ahli dan uji calon pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan media permainan
Ubrok (UNO Obrolan Kita) telah memenuhi kriteria pada
aspek yang dinilai yaitu kegunaan, ketepatan, kelayakan, dan
keterlaksanaan, melalui uji ahli dan uji calon pengguna.
Penelitian ini hanya berhenti pada calon pengguna, tidak
berlanjut pada uji kelompok terbatas. Media permainan Ubrok
memiliki nilai rata-rata 1 pada uji ahli media dan ahli isi artinya
media permainan Ubrok dinilai sangat baik akseptabilitasnya
dan berterima secara teoritik. Hasil uji calon pengguna ada 66
responden siswa SMA yakni pada kategori tinggi nilai 90%
pada 60 responden, dan kategori sedang dengan nilai 10%
pada 6 responden. Hal ini menunjukkan bahwa “Media
Pemainan Ubrok (UNO Obrolan Kita) dikatakan Berterima
dalam meningkatkan etika komunikasi interpersonal siswa
SMA”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Ny Veranda Sefa
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:16
Last Modified: 19 Dec 2024 06:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item
View Item