Nurya Aini, Sinta (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (706kB)
ABSTRAK.pdf
Download (277kB)
BAB 1.pdf
Download (196kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (181kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Aini, Sinta Nurya. 2024. Efektivitas Teknik Role Playing Dalam
Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Esteem Pada Siswa
Kelas X SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aniek
Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: role playing, bimbingan kelompok, self esteem
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan self esteem
yaitu mengenal harga diri pada siswa kelas X.1 yang masih
rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal harga diri ini
disebabkan kurangnya percaya diri dalam bersosialisasi pada
lingkungan sekolah. Guru sebatas memperhatikan siswa di dalam
kelas sehingga siswa kurang untuk percaya diri. Tujuan yang ingin
dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Teknik Role
Playing Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Esteem
Pada Siswa Kelas X SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one
group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas
X.1 SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK dengan jumlah 6 anak. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan
menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta
dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data menggunakan
statistika non parametrik pada SPSS for windows versi 26.0 dengan
teknik Uji Wilcoxon.
Berdasarkan Hasil analisis data perhitungan diperoleh Asymp.
Sig. = 0.028. oleh karena nilai Asymp. Sig. (0,028) < (0.05) maka H₀
ditolak dan Hₐ diterima. Artinya terdapat perbedaan skor terhadap
sikap self esteem siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment
berupa teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok.
Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya media
animasi dalam layanan informasi efektif untuk mengurangi sikap
bullying siswa kelas X.1 SMAN 1 Kedamean Gresik.
Aini, Sinta Nurya. 2024. Effectiveness of Role Playing Techniques
in Group Tutoring Services on Self Esteem in Class X
Students of SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK. Guidance and
Counseling Study Program. Faculty of Science Education.
PGRI Adi Buana University Surabaya. Supervisor Aniek
Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Key words: role playing, group guidance, self-esteem
This research is motivated by the ability of self-esteem,
namely recognizing self-esteem in class Teachers only pay attention
to students in class so that students lack self-confidence. The aim to
be achieved in this research is to determine the effectiveness of role
playing techniques in group tutoring services on self-esteem in class
X students at SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK.
This research uses a quantitative research approach with a
pre-experimental type of research using a one group pre-test post-test
design. The research subjects were students of class X.1 SMAN 1
KEDAMEAN GRESIK with a total of 6 children. The data
collection method used is observation using assessment tools in the
form of observation sheets and documentation. Using data analysis
techniques using non-parametric statistics in SPSS for Windows
version 26.0 with the Wilcoxon Test technique.
Based on the results of the calculation data analysis, Asymp.
Sig. = 0.028. because of the Asymp value. Sig. (0.028) < (0.05) then
H₀ is rejected and Hₐ is accepted. This means that there is a
difference in scores regarding students' self-esteem attitudes before
and after being given treatment in the form of role playing
techniques in group guidance services. So it can be concluded that
the hypothesis is accepted, meaning that animation media in
information services is effective in reducing the bullying attitudes of
class X.1 students at SMAN 1 Kedamean Gresik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Sinta Nurya Aini |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:39 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8047 |