PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA

Mu’asyiroturezeqiana (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (776kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (159kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA & lampiran.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA & lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Mu’asyiroturezeqiana. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi
Restrukturing Kognitif dalam Konseling Kelompok
Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP PGRI
1 Surabaya. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Boy Soedarmadji, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok,
Penyesuaian Diri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hasil
signifikansi pengaruh penggunaan strategi restrukturing kognitif
dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas
VIII SMP PGRI 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan
pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test
design, pada populasi sejumlah 33 siswa kelas VIII. Penelitian ini
mengambil 5 orang siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya sebagai
sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling, dengan
menggunakan metode data skala pengukuran, validitas, dan
reliabilitas.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik uji Welcoxon pada SPSS For Windows 16.0. Teknik
analisis data non parametrik ini digunakan karena sampel yang
digunakan relatif kecil. Melalui hasil uji Wilcoxon dapat diketahui
melalui Z (-2.060) dengan Asymp. Sig (2-tailed) yang bernilai 0,039
dimana 0,039 ≤ 0,05 (taraf signifikan) maka dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan
antara pre-test dan post-test dengan strategi restrukturing kognitif
dalam konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa.
Sehingga dapat mempengaruhi dengan signifikan “penggunaan
strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap
penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Surabaya.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:55
Last Modified: 24 Nov 2022 04:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item