EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO. KODEPRODI86201#BIMBINGAN DAN KONSELING.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (20).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (20).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
signifikansi efektivitas konseling kelompok cognitive behavior
therapy untuk meningkatkan determinasi diri pada siswa kelas VIII
SMP PGRI 1 Buduran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Adapun desain penelitian yang digunakan
dalam penelitian pre-eksperimental one group pre-test dan post-test
yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai sebelum dan
setelah pemberian treatment. Populasi yang diambil adalah siswa
kelas VIII-B SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 30
siswa, dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 5
siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
analisis data menggunakan uji Wilcoxon menggunakan bantuan
program SPSS 26.0 for windows.
Hasil penelitian diperoleh dengan hasil asymp. Sig (2-tailed)
bernilai 0,042. Karena nilai 0,042 < 0,05. Hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre�test dan post-test pada determinasi diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1
Buduran Sidoarjo. Berdasarkan hasil perhitungan statistik ini berarti
konseling kelompok cognitive behavior therapy efektif untuk
meningkatkan determinasi diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1
Buduran. Maka, hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini
diterima atau terbukti.

This research was conducted with the aim of determining the
significance of the effectiveness of cognitive behavior therapy group
counseling to increase self-determination in class VIII students of
SMP PGRI 1 Buduran. The type of research in this research is
quantitative research. The research design used in the pre�experimental research was one group pre-test and post-test which
aimed to determine the difference in scores before and after giving
treatment. The population taken was students in class VIII-B of SMP
PGRI 1 Buduran Sidoarjo, totaling 30 students, from this population
a research sample of 5 students was taken using purposive sampling
technique. The data analysis technique uses the Wilcoxon test using
the SPSS 26.0 for Windows program.
The research results were obtained with asymp results. Sig
(2-tailed) is 0.042. Because the value 0.042 < 0.05. The results of
this research show that there is a significant difference between the
pre-test and post-test scores on the self-determination of class VIII
students at SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Based on the results of
these statistical calculations, it means that cognitive behavior
therapy group counseling is effective in increasing the self�determination of class VIII students at SMP PGRI 1 Buduran. So, the
hypothesis proposed by researchers in this research is accepted or
proven.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:37
Last Modified: 19 Dec 2024 06:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item
View Item