AWWALUR ROHMAH, NUR (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MOTIF RAGAM HIAS MEDIA KRIYA TEKSTIL TOTEBAG PADA SISWA KELAS VIII DI SMP BUANA WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN JUDUL COVER .pdf
Download (778kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (137kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (153kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (122kB)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Rohmah, Nur Awwalur. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Desain Motif Ragam Hias Media Kriya Tekstil Totebag Pada Siswa Kelas VIII Di SMP BUANA Waru Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Keguruan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Herman Sugianto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Pendidikan, Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Desain Motif Ragam Hias Media Kriya Tekstil Totebag
Pendidikan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Dalam pendidikan pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai suatu hasil belajar yang bertujun untuk menciptakan perubahan agar lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning sesuai dengan permasalahan yang ada di sekolahan SMP BUANA Waru Sidoarjo. Pembelajaran model project based learning memfokuskan dan mengekspos siswa agar lebih aktif dan kreatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya bahwa model pembelajaran project based learning dapat mempengaruhi hasil belajar desain motif ragam hias. Karena hasil dari perhitungan korelasi Ґxy sebesar 0,702 dimana angka tersebut berada diantara 0,600 s.d 0,800 yang menunjukkan hubungan signifikan yang kuat. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran based learning sangat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi desain motif ragam hias media kriya tekstil totebag.
ABSTRACT
Rohmah, Nur Awwalur. 2024. The Effect of Using the Project Based Learning Model on Learning Outcomes of Ornamental Motif Design for Totebag Textile Craft Media in Class VIII Students at SMP BUANA Waru Sidoarjo. Thesis. Fine Arts Education Study Program. Teaching Faculty. PGRI Adi Buana University Surabaya. Supervisor: Herman Sugianto, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Education, Project Based Learning Model, Learning Outcomes Motif Design Various Ornamental Media Crafts Textile Totebag
Education is an important thing in human life. In education, learning is an activity carried out by teachers and students to achieve a learning outcome that aims to create changes for the better. This research is a quantitative research using project-based learning methods in accordance with the problems that exist in BUANA Waru Sidoarjo Junior High School. The project-based learning model focuses and exposes students to be more active and creative.
The results showed that the project-based learning model can affect the learning outcomes of ornamental motifs. Because the result of the calculation of the Ґxy correlation of 0.702 where the number is between 0.600 to 0.800 which shows a strong significant relationship. Therefore, the use of a learning-based learning model greatly affects student learning outcomes on design materials, motifs, various ornamental media, crafts, textiles, totebags.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Seni Rupa S1 |
Depositing User: | Mrs NUR AWWALUR ROHMAH UMI KHOIRUN NISAK |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:24 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:24 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8540 |