PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR CETAK GRAFIS FOTO SISWA MENJADI STIKER DENGAN APLIKASI FANART DI KELAS VIII A SMPN 1 TARIK SIDOARJO

WAHYU WIDYAWATI, EKA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR CETAK GRAFIS FOTO SISWA MENJADI STIKER DENGAN APLIKASI FANART DI KELAS VIII A SMPN 1 TARIK SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN (2) (1).pdf] Text
HALAMAN DEPAN (2) (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Widyawati, Eka Wahyu. 2024. Pengaruh Penggunaan Metode Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Cetak Grafis Foto Siswa Menjadi Stiker Dengan Aplikasi Fanart Di Kelas VIII A SMPN 1 Tarik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Herman Sugianto, S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci : Pendidikan, Metode Project Based Learning, Cetak Grafis Foto Siswa Menjadi Stiker Dengan Aplikasi Fanart.
Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi kehiduoan manusia untuk mengembangkan kepribadian yang lebih baik. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan pendidikan peran penting guru dan siswa sangat dibutuhkan agar tujuan dari pendidikan itu sendiri bisa tercapai dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar cetak grafis foto siswa menjadi stiker dengan aplikasi fanart di kelas VIII A SMPN 1 Tarik sesuai dengan permasalahan yang terjadi disekolah. Dengan menggunakan metode Project Based Learning, siswa akan diajak untuk lebih fokus, aktif dan kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Project Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar cetak grafis foto siswa menjadi stiker di kelas VIII A SMPN 1 Tarik. Karena, berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan mencari t hitung dan t tabel ditemukan perbandingan “t hitung (25.8585408341) > t tabel (2.03951) maka H0 ditolak”, yang artinya terdapat pengaruh antara variable independent yaitu metode Project Based Learning terhadap variable dependen yaitu hasil belajar cetak grafis foto siswa menjadi stiker di kelas VIII A SMPN 1 Tarik. Sehingga bisa dikatakan bahwa, berdasarkan perbandingan antara t tabel dan t hitung membuktikan adanya pengaruh penggunaan metode Project Based Learning pada materi cetak grafis foto siswa menjadi stiker di kelas VIII A SMPN 1 Tarik.

ABSTRACT
Widyawati, Eka Wahyu. 2024. The effect of using the Project Based Learning method on improving learning outcomes of student photo graphic printing into stickers with the Fanart application in Class VIII A SMPN 1 Tarik. Thesis. Fine Arts Education Study Program. Faculty of Social Sciences and Humanities. PGRI Adi Buana University Surabaya. Supervisor : Herman Sugianto, S.Pd., M. Pd.
Keywords: education, Project Based Learning method, print student photo graphics into stickers with the fanart application.
Education is an important thing for human life to develop a better personality. Therefore, in the implementation of education, the important role of teachers and students is needed so that the goals of education itself can be achieved properly.
This research is a quantitative research using the Project Based Learning method. This study was conducted to determine whether or not there is an influence of the use of the project-based learning method on improving the learning outcomes of student photo graphic printing into stickers with the fanart application in class VIII A SMPN 1 Tarik in accordance with the problems that occur in schools. By using the project-based learning method, students will be invited to be more focused, active and creative in the implementation of learning.
The results of this study show that the project-based learning method can affect the learning outcomes of printing student photo graphics into stickers in class VIII A SMPN 1 Tarik. Because, based on the calculation results using the t test by looking for t count and t table, a comparison of "t count (25.8585408341) > t table (2.03951) was found, then H0 was rejected", which means that there is an influence between the independent variable, namely the project-based learning method on the dependent variable, namely the results of learning to print student photo graphics into stickers in class VIII A SMPN 1 Tarik. So it can be said that, based on the comparison between t table and t count, it proves the influence of using the Project Based Learning method on printed material graphic photos of students into stickers in class VIII A SMPN 1 Tarik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Seni Rupa S1
Depositing User: Mrs EKA WAHYU WIDYAWATI ABDUL MUNTOLIB
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:16
Last Modified: 19 Dec 2024 05:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item
View Item