Whina Amarsanda, Priehayudha (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf
Download (269kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (179kB)
3. BAB I.pdf
Download (146kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB)
9. Lampiran.pdf
Download (309kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan studi pada siswa SMAN 1 Wungu Kab. Madiun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling, adapun sampel yang digunakan berjumlah 200 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala pengukuran, dan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda yang bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan variable terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan dengan minat melanjutkan studi, yakni sebesar 0.482 dan 0.000 < 0.05. (2) Status sosial ekonomi orang tua berhubungan positif dan signifikan dengan minat melanjutkan studi, yakni sebesar 0.725 dan 0.000 < 0.05. (3) motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua berhubungan positif dan signifikan dengan minat melanjutkan studi, yakni sebesar 0.727 dan 0.000 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Mrs. Whina Amarsanda Priehayudha |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:02 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/9036 |