PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN BUMBU DAN REMPAH PROGRAM KEAHLIANTATABOGAKELAS XI DI SMK DHARMA WANITA GRESIK

Syahid Abdilah, Agil (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGETAHUAN BUMBU DAN REMPAH PROGRAM KEAHLIANTATABOGAKELAS XI DI SMK DHARMA WANITA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of hlm depan fix (2).pdf] Text
hlm depan fix (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (671kB)

Abstract

Media pembelajaran berfungsi sebagai sarana untuk menghubungkan siswa dengan materi melalui perantara. Minat belajar merupakanrasa suka,perhatian, dan ketertarikan siswa terhadap kegiatan belajar yang ditunjukkan oleh partisipasi aktif dan keinginan untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis video interaktif terhadap minat belajar siswa pada materi pengetahuan bumbu dan rempah program keahlian tata boga kelas xi di SMK dharma wanita Gresik;2) Adakah minat belajar siswa di SMK dharma wanita Gresik?; 3) Adakah pengaruh minat siswa siswi SMK Dharma Wanita Gresik terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif?.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video interaktif terhadap minat belajar siswa pada materi pengetahuan bumbu dan rempah; 2) Mengetahui tingkat minat belajar pada siswa; 3) serta untuk mengetahui pengaruh minat siswa siswi SMK Dharma Wanita Gresik terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan uji T parsial. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Dharma Wanita Gresik yang berjumlah 27 orang.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji T parsial menunjukan data pada pengaruh variabel (X) terhadap minat belajar (Y) Dari hasil analisis didapat nilai sig. variabel (X) sebesar 0,055 < 0,05. Dan nilai Thitung (2. 012) > Ttabel (1.703), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh minat siswa siswi SMK Dharma Wanita Gresik terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi pengetahuan bumbu dan rempah dalam program keahlian tata boga kelas XI di SMK Dharma Wanita Gresik. Peneliti menyarankan bahwa media pembelajaran berbasis video interaktif layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam materi ini, serta mendorong peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media lain dalam pembelajaran tata boga.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) S1
Depositing User: AGIL SYAHID ABDILLAH
Date Deposited: 18 Dec 2024 07:02
Last Modified: 18 Dec 2024 07:02
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item
View Item