Hidayati, Kartika Nur (2021) PENGARUH METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KARUNIA KEBRAON SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (410kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (190kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (419kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Hidayati, Kartika Nur. 2021. Pengaruh Metode Bercerita dalam
Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak
Kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Utama Isabella Hasiana,
S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci : Metode Bercerita, Sikap Tanggung Jawab,
Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap tanggung jawab
pada anak yang masih rendah. Rendahnya sikap tanggung jawab
pada anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya ini
disebabkan oleh guru yang masih sering memanjakan anak
dalam menyelesaikan tugasnya, serta kurangnya penegasan
dalam menyikapi perilaku anak. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita
dalam mengembangkan sikap tanggung jawab pada anak
kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan
menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek pada
penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Karunia Kebraon
Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat
penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi.
Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang
digunakan adalah Uji T yang sesuai dengan judul penelitian
yaitu Pengaruh Metode Bercerita dalam Mengembangkan Sikap
Tanggung Jawab pada Anak Kelompok A di Tk Karunia
Kebraon Surabaya. Digunakan pre-test dan post-test one group
design yang dihitung menggunakan rumus Uji T.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus uji T
yang memperoleh hasil Thitung adalah 20,25 dimana nilai tersebut
lebih besar dari nilai Ttabel untuk signifikansi 0,05 adalah
1.76131. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode
bercerita dalam mengembangkan sikap tanggung jawab pada
anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 07:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 06:52 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/919 |