Pengaruh Play Therapy Dengan Permainan Tradisional “Bancakan” Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Daring Siswa Pada Saat Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Sangkapura

Isfahani, Fatur Rahman Al (2021) Pengaruh Play Therapy Dengan Permainan Tradisional “Bancakan” Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Daring Siswa Pada Saat Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Sangkapura. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (414kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (217kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (880kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan permainan tradisional “bancakan” dalam bimbingan kelompok terhadap kejenuhan belajar daring siswa pada saat pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Sangkapura. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design, diberikan kepada 8 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Sangkapura yang mendapat skor kejenuhan belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran untuk mengukur kejenuhan belajar yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa banyaknya skor dengan pelaksanaan play theraphy dengan perminan tradisional bacakan dalam kejenuhan belajar pada bimbingan kelompok lebih kecil dari pada sebelum dilakukan treatment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig. =0,012 perbandingan Asymp. Sig. =0.012 <  = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan play therapy dengan permainan tradisional bancakan dalam bimbingan kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa.
Kata Kunci: Teknik Play Therapy dengan Permainan Tradisional Bancakan, Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:02
Last Modified: 09 Dec 2022 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item