Andaryanti, Dyah Anggraeni (2021) TINGKAT KEJENUHAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI SECARA DARING DI SMP NEGERI 29 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (443kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (186kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (326kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (432kB)
Abstract
Andaryanti, Dyah Anggraeni. 2021. Tingkat Kejenuhan Belajar
Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP
Negeri 29 Surabaya. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring,
Ekstrakurikuler Seni Tari
Pembelajaran merupakan proses yang panjang untuk mencapa hasil
yang lebih baik atau diingkan. Untuk mencapai pembelajaran yang baik
dibutuhkan strategi dalam melaksanakannya. Sejak pandemi Covid-19
melanda Indonesia, pemerintah memberi kebijakan baru untuk membatasi
aktifitas diluar rumah salah satunya yaitu pembelajaran yang seharusnya
dilakukan secara tatap muka kini diganti dengan pembelajaran secara daring
(dalam jaringan). Tidak hanya pembelajaran pada pelajaran normatif,
kegiatan ekstrakurikuler juga dilakukan secara daring. Kegiatan belajar
mengajar secara daring mengakibatkan beberapa permasalahan salah satunya
yaitu kejenuhan siswa dalam menjalani kegiatan belajar daring . Kejenuhan
dalam pembelajaran ini terjadi tidak hanya dalam pembelajaran mata
pelajaran saja namun terjadi pada saat pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler
salah satunya ekstrakurikuler seni tari.
Dampak yang dirasakan oleh siswa pada saat proses belajar dirumah
adalah para siswa merasa dipaksa belajar jarak jauh, mengejar materi
sehingga beberapa siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan.
Jika siswa sudah mengalami kejenuhan saat belajar siswa akan sulit
konsentrasi untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang
ada, peneliti akan meneliti tingkat kebosanan belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari secara daring. Penelitian ini menggunakan perhitungan teknik analisis data kuantitaitf. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan disebar 67 sampel pada tanggal 28 Januari 2021. Berdasarkan hasil analisis data memperoleh sebanyak 55% tinggi dan 45% sedang, hal ini membuktikan bahwa tingkat kejenuhan belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 29 Surabaya adalah masuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:10 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 16:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/951 |