PUTRI, ASTRI MERDIAN (2020) PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA BANGSA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (797kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (113kB)
3. BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (302kB)
8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Putri, Astri Merdian. 2020. Pengaruh Media Balok Terhadap Kemampuan
Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Di Tk
Mutiara Bangsa Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing:
Isabella Hasiana S.Psi, M.Psi
Kata Kunci : Media Balok, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri
Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A di TK Mutiara Bangsa
Surabaya yang dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak dalam
mengenal bentuk geometri masih belum optimal, hal ini dikarenakan guru
belum optimal dalam memanfaatkan penggunaan media balok untuk
mengembangkan kemampuan kognitif anak. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Apakah Media Balok Berpengaruh Terhadap
Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Di TK
Mutiara Bangsa Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh media balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri
pada anak kelompok A di TK Mutiara Bangsa Surabaya.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif pre eksperimental dengan
desain One Group Pretest-Possttest Design. Subyek dalam penelitian ini
adalah 30 anak kelompok A di TK Mutiara Bangsa Surabaya. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi Teknik
analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Uji t dan
perhitungan melalui SPSS versi 22. Berdasarkan rumusan dan hipotesis,
maka uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika nilai Sig < 0,05 maka
ada pengaruh media balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri
pada anak. Sedangkan jika nilai Sig > 0,05 maka tidak ada pengaruh media
balok terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak.
Penguji statistik pada penelitian ini untuk menguji apakah media balok
berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
kelompok A TK Mutiara Bangsa Surabaya. Maka dari hasil perhitungan Uji
t melalui SPSS versi 22 didapatkan nilai Sig (0,000) < 0,05. Jadi,
Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh media balok terhadap
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A di TK
Mutiara Bangsa Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 03:43 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/106 |