Maulidah, Putri Aprilia (2021) PENGARUH MEDIA TUTI TERHADAP PENGENALAN BANGUN GEOMETRI KELOMPOK B DI TK MAMBA’UL ULUM BEDANTEN BUNGAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (591kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (148kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (184kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Aprilia, Putri M. 2021. Pengaruh Media TUTI Terhadap Pengenalan
Bangun Geometri Kelompok B di TK Mamba’ul Ulum
Bedanten Bungah Gresik tahun Pelajaran 2020-
2021.Skripsi program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Pedagodi dan Psikologi Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi,
M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si.
Kata Kunci :Media TUTI, Pengenalan bentuk geometri, Kognitif,
Anak usia dini.
Penelitian ini dilatabekangi oleh permasalahan bahwa
kemampuan pengenalan bangun geometri masih belum berkembang.
Hal ini disebabkan pendidik masih menggunakan pembelajaran
konvensional dengan media yang digunakan masih lembar kerja
siswa atau buku sehingga anak akan menjadi bosan. Oleh karena itu
peneliti membuat media yang lebih inovatif yakni Media TUTI.
Media TUTI “Tutup Botol Geometri” adalah media yang
memodifikasi tutup botol dengan menambahkan bentuk geometri,
kemudian anak-anak mencocokkan gambar yang menyerupai bentuk
geometri dilingkungan sekitar. Gambar yang menyerupai bentuk
geometri dicocokkan di tutup botol geometri yang sudah disediakan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media
TUTI terhadap pengenalan bangun geometri anak kelompok B TK
Mamba’ul Ulum Bungah Gresik. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini ada 15 anak kelompok B2 TK
Mamba’ul Ulum Bungah Gresik. Teknik Analisis data menggunakan
rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung = 25,28 lebih
besar dari pada nilai t tabel (1.76131) pada taraf signifikansi 0,05 dan
(2.62449) pada taraf signifikansi 0,01, maka Hipotesis Nol ditolak
sehingga Hipotesis kerja dengan sangat signifikan. Dengan demikian
dapat dinyatakan bahwamedia TUTI berpengaruh sangat signifikan
terhadap pengenalan bangun geometri anak kelompok B TK
Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:11 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 04:38 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1167 |