PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN TERUNGKULON KRIAN

AULIYAH, IRNIDA AILUL (2021) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN TERUNGKULON KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (790kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (341kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Auliyah, Irnida Ailul. 2021. Pengaruh Permainan Tradisional
Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-20
Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita
Persatuan Terungkulon Krian. Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing Isabella Hasiana,
S.Psi., M.Psi
Kata Kunci: Dakon, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung
anak yang masih kurang karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran
di TK Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian yang hanya
berfokus pada kegiatan akademik dan mengabaikan kegiatan
bermain sebagai suatu praktik pendidikan, sehingga anak menjadi
bosan tatkala belajar sehingga menyebabkan anak mengalami
kesulitan dalam berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon terhadap
kemampuan berhitung angka 1-20 pada anak kelompok B di TK
Dharma Wanita Persatuan Terungkulon Krian .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan
desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest
Design. Subyek yang digunakan dalam penenelitian ini berjumlah 13
anak. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik
uji beda hasil Pretest dan Posttest (Uji t). Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes.
Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang telah
dilakukan, dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat
diterima. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan bahwa nilai
Thitung berjumlah 17,91 nilai df adalah 12 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,78. Dapat dirangkum jika Ttabel lebih kecil daripada
Thitung.
Diketahui nilai Thitung> nilai Ttabel dengan nilai 17,91 > 1,78.
Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima , sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa Ha terbukti dengan sangat signifikansi. Artinya
Permainan tradisional dakon berpengaruh terhadap kemampuan
berhitung angka 1-20 pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita
Persatuan Terungkulon Krian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:54
Last Modified: 11 Nov 2022 04:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item
View Item