Elsavani, Mareta (2019) PROFIL KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (592kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (88kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (175kB)
8. DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Elsavani, Mareta. 2019. Profil Kecerdasan Visual Spasial dan Logika
Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan
Menyelesaikan Masalah Matematika. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd.,
M.Pd., dan Ninik Mutianingsih, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Profil, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Logika
Matematika, Kemampuan Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya
kecerdasan dalam pembelajaran matematika. Peserta didik yang
memiliki kecerdasan visual spasial dan logika matematika yang baik
cenderung mendapatkan hasil pembelajaran matematika yang baik
sehingga peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan logika matematika
siswa berdasarkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika.
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA ITP Surabaya
menggunakan triangulasi metode dengan materi dimensi tiga yang
terdiri atas tiga siswa yang masing-masing mewakili setiap kategori
diantaranya siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data
diperoleh dengan melakukan tes kemampuan matematika, tes
kecerdasan visual spasial, tes kecerdasan logika matematika, dan
wawancara.
Hasil penelitian ini pada kecerdasan visual spasial siswa
dengan kategori tinggi dapat melakukan seluruh indikator. Siswa
dengan kategori sedang dapat melakukan tiga indikator. Dan yang
terakhir adalah siswa dengan kategori rendah tidak dapat melakukan
satupun indikator yang ada. Sedangkan pada kecerdasan logika
matematika siswa dengan kategori tinggi dapat melakukan seluruh
indikator. Dan yang terakhir siswa dengan kategori rendah tidak
dapat melakukan satupun indikator yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 02:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:01 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1188 |