Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar Kinestetik

Azalia, Atikah Nur (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar Kinestetik. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (434kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (432kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Taman. Penelitian ini menggunakan teori pemecahan masalah Polya yang terdiri dari 4 tahap yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes gaya belajar, tes pemecahan masalah sebanyak dua kali dengan jumlah soal setiap tes adalah 1 soal essay dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik pada kelas VIII-B. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu dengan jangka waktu setiap tes adalah 1 minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik kurang mampu dengan baik dalam memahami masalah hal ini dapat dilhat dari kurangnya fokus karena siswa yan memiliki gaya belajar kinestetik tidak bisa diam (banyak gerak) , mampu menyusun rencana dengan baik, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil jawaban juga dilakukan dengan baik.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar Kinestetik, Polya, Triangulasi waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:07
Last Modified: 14 Dec 2022 07:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item
View Item