Alia, Oktavia Darojatul (2021) Profil Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (491kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (88kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (165kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Siswa perlu mengembangkan kemampuan metakognisi dalam menyelesaikan soal matematika hal ini melatarbelakangi saya untuk melakukan penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP Negeri 48 Surabaya kelas VII A berdasarkan teori Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan metakognisi siswa SMP Negeri 48 Surabaya dalam memecahkan masalah matematika dengan pengambilan sampel berdasarkan nilai PAS siswa sehingga terpilih 3 subjek yang dikategorikan menjadi 3 kategori, yaitu 1 subjek berkemampuan matematika tinggi, 1 subjek berkemampuan matematika sedang dan 1 subjek berkemampuan matematika rendah. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian dengan jumlah 3 butir soal dan wawancara. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Pada penelitian ini, peneliti mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori tinggi dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematika, yaitu memahami masalah, menentukan rencana sterategi penyelesaian masalah, menyelesaikan sterategi penyelesaian masalah dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori sedang dapat memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematika, yaitu menentukan rencana sterategi penyelesaian masalah, menyelesaikan sterategi penyelesaian masalah dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh dan siswa yang memiliki kemampuan matematika kategori rendah dapat memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematika, yaitu menyelesaikan sterategi penyelesaian masalah dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.
Kata Kunci: profil, metakognisi, memecahkan masalah, kemampuan matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:34 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 04:07 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1379 |