Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas 7H SMPN 3 Krian

Istiranda, Lelah (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas 7H SMPN 3 Krian. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (545kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (947kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (970kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik dapat memecahkan permasalahan sehari hari yang berkaitan dengan matematika. Berdasarkan tujuan tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang dapat membatu peserta didik dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan secara jarak jauh atau daring dikarenakan sedang dalam pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa kelas 7H SMPN 3 Krian. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan 3 instrumen yaitu: lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa yang telah divalidasi. Setelah itu data tersebut dianalisis secara deskriptif sesuai dengan indikator masing-masing aspek yaitu aktivitas siswa, tes hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian pada aspek observasi aktivitas siswa memiliki rata-rata 89,44% termasuk dalam kategori “aktif sekali”. Pada aspek hasil belajar memiliki presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 85,71% termasuk dalam kategori “tuntas”. Pada aspek respon siswa memiliki presentase respon 82% setuju yang termasuk dalam kategori “positif”. Dari ketiga aspek tersebut telah terpenuhi maka model pembelajaran problem based learning dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di kelas 7H SMPN 3 Krian dikatakan efektif.
Kata Kunci: efektivitas, problem based learning, pembelajaran jarak jauh, (PLSV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:41
Last Modified: 19 Dec 2022 04:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item
View Item