Representasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Gaya Kognitif Di Masa Pendemi Covid 19

Afifah, Putri Dinda (2021) Representasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Gaya Kognitif Di Masa Pendemi Covid 19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (978kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3.BAB 1.pdf] Text
3.BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (320kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Namun pada penelitian ini menggabungkan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba membuat kajian yang memiliki tujuan mendeskripsikan representasi siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tiga tingkatan ditinjau dari gaya kognitif di masa pandemi Covid 19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini adalah hasil tes GEFT, tes KPMM, dan tes wawancara sedangkan sumber data adalah siswa dengan 3 tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil tes GEFT yang diperoleh, diketahui bahwa dari 11 siswa yang mengikuti tes semuanya memiliki gaya kognitif FD. Berdasarkan hasil penelitian pada subjek siswa yang bergaya kognitif FD diketahui bahwa 3 subjek dengan tingkatan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada indikator memahami masalah dengan tidak menuliskan informasi yang ada pada soal, pada indikator merencanakan penyelesaian 3 subjek tidak mampu menyebutkan nama metode yang digunakan dalam menyelesaikan soal SPLDV, namun subjek tinggi dan sedang mampu merencanakan penyelesaian dengan baik, pada indikator menyelesaikan masalah subjek tinggi dan sedang telah mampu menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap sedangkan pada subjek rendak masih tidak lengkap dan kurang benar, dan pada indikator memeriksa kembali pemecahan 3 subjek tidak menuliskan kesimpulan dari sebuah penyelesaian.
Kata kunci : Representasi, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Gaya kognitif, Field Dependent ( FD ), Field Independent ( FI ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:17
Last Modified: 19 Dec 2022 04:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item
View Item