Aisa, Wulandari Nur (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 12 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (799kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (179kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (193kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan
kreatif- matematis, tahapan polya, aljabar.
Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang
harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas siswa.
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat dilihat
berdasarkan tingkat kecerdasan tingkat kecerdasan kreatif –
matematis yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah memiliki
hubungan positif dengan kecerdasan kreatif – matematis. Siswa yang
memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi maka mampu
dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya, untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan
kecerdasan kreatif-matematis, dapat dilakukan dengan menggunakan
tahapan Polya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah aljabar
siswa menggunakan tahapan Polya berdasarkan tingkat kecerdasan
kreatif-matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang
digunakan adalah tes ( tes kecerdasan logis-matematis dan tes
kemampuan pemecahan masalah aljabar) dan wawancara.Hasil
penelitian menunujukkan bahwa (1)siswa yang memiliki tingkat
kecerdasan kreatif-matematis tinggi melakukan seluruh tahapan
Polya pada saat menyelesaikan permasalahan, (2) siswa yang
memiliki tingkat keerdasan kreatif-matematis sedang hanya
melakukan beberapa tahapan polya secara tepat, yaitu melakukan
rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, (3)
siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis rendah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 05:00 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1418 |