PENGARUH MELUKIS DENGAN BERBAGAI ALAT DAN BAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PUTRA SURABAYA

Mauludiana, Sherly Nur Fajri (2020) PENGARUH MELUKIS DENGAN BERBAGAI ALAT DAN BAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PUTRA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (382kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (257kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Mauludiana, Sherly Nur Fajri. 2019. Pengaruh Melukis Dengan Berbagai
Alat Dan Bahan Terhadap Kemampuan Motorik Halus
Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di Tk Panti Putra
Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Made Ayu
Anggreni,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci : Melukis dengan berbagai alat dan bahan, motorik halus anak
Pada umumnya kondisi yang terjadi di Indonesia khususnya di
Surabaya, rendahnya perkembangan anak usia dini akibat kurangnya
stimulasi yang diberikan pada anak karena orang tua yang sibuk bekerja,
sebaliknya biasanya orang tua yang mempunyai banyak waktu luang dapat
membantu mengoptimalkan perkembangan anaknya. Selain itu, adanya
perkembangan kemajuan teknologi seperti gadget. Fenomena saat ini, orang
tua lebih senang anaknya bermain gadget dengan menonton video atau pun
bermain games agar anak terdiam dan tidak banyak tingkah, padahal jelas
hal ini sangat besar dampak buruknya. Jika terlalu sering bermain gadget
anak menjadi malas bergerak, karena yang bergerak hanya satu jari yaitu
ibu jari saja. Padahal agar perkembangan motorik halus anak berkembang
anak harus menggerakkan seluruh jarinya dan bukan hanya ibu jari, dengan
gadget pula anak menjadi kurang bersosialisasi dengan orang lain, waktu
belajar anak juga kurang akibatnya perkembangan anak pun kurang terasah.
Meningkatkan kemampuan anak harus ada keterlibatan orang tua.
Permasalahan yang terjadi pada melukis dengan berbagai alat dan bahan
disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketika proses
pembelajaran dengan aspek pengembangan melukis dengan berbagai alat
dan bahan, Guru kurang mengajak anak-anak untuk melatih motorik halus
anak. Guru kurang memperkenalkan motorik halus seperti mengerti dan
mampu memegang alat lukis dengan benar, membuat berbagai bentuk
melalui kegiatan melukis dengan berbagai alat dan bahan, meniru membuat
garis vertikal, horizontal, garis miring kanan atau kiri, dan lingkaran dengan
menggunakan alat dan bahan. Metode penelitian dengan desain non random
sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi
yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. desain penelitian menggunakan
one group pretest. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang
telah diketahui dalam Bab I yang diperkuat dengan hasil analisis data yang
menunjukkan bahwa nilai thitung = 41,46. Lebih besar dari pada hitung
0,05 = 1,74 dengan taraf signifikansi 0,01 Dan 2,57 Pada taraf signifikansi
0,01 = 2,57 dengan N = 18 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan
hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kerja
(H1) yang menyatakan “pengaruh melukis dengan berbagai alat dan bahan
terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Panti Putra
Surabaya” diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh melukis dengan berbagai alat
dan bahan terhadap kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:13
Last Modified: 17 Nov 2022 01:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item