PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 2 TAMAN

Yuliani, Riris (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 2 TAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1 halaman judul.pdf] Text
1 halaman judul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (450kB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (112kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran matematika dan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL).
Proses pembelajaran matematika pada materi yang berhubungan
dengan kehidupan sehari-hari masih kurang dipahami oleh siswa.
Hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang masih terlalu
berpatokan pada buku pelajaran, sehingga materi yang diajarkan
jarang sekali dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
hal tersebut, salah satu usaha guru dalam meningkatkan aktivitas
siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pendekatan yang tepat
untuk diterapkan adalah pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) merupakan suatu pendekatan yang menekankan kepada proses
keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang
dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata
sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa,
hasil belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Taman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes,
dan angket.
Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas siswa kelas
VIII-D mempunyai presentase tertinggi adalah memperhatikan
penjelasan materi atau pertanyaan yang disampaikan
5
guru atau teman. Hasil belajar siswa kelas VIII-D dikatakan
tuntas secara klasikal. Respon siswa kelas VIII-D dinyatakan positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:25
Last Modified: 28 Nov 2022 02:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item
View Item