PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 3 KRIAN

Muflikhah (2019) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 3 KRIAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (793kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (203kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Muflikhah. 2019. Profil Pemecahan Masalah Matematika
Berdasarkan Gaya Belajar Kolb Materi SPLDV Siswa Kelas
VIII SMPN 3 Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing :
Hanim Faizah, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci : profil pemecahan masalah matematika, gaya belajar
kolb.
Pemecahan masalah mempunyai peranan yang penting dalam
semua pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu faktor yang
mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah gaya belajar.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah pemecahan
masalah siswa berdasarkan setiap tipe gaya belajar dan dapat menjadi
referensi untuk guru agar dapat melakukan pembelajaran yang lebih
efektif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan
metode tes dan wawancara.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Krian
dengan 8 siswa masing-masing 2 siswa untuk setiap tipe gaya belajar
yaitu divergen, asimilasi, konvergen dan akomodasi. Instrumen yang
digunakan adalah peneliti sendiri, angket gaya belajar, soal tes
kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Untuk subjek divergen dan asimilasi belum mampu menuliskan
masalah ke dalam kalimatnya sendiri, dapat membuat dan
melaksanakan rencana serta belum mampu menuliskan kesimpulan. Subjek konvergen dapat menuliskan masalah ke dalam kalimatnya sendiri, membuat strategi dan melaksanakannya serta belum mampu menuliskan kesimpulan. Subjek akomodasi belum mampu menuliskan masalah ke dalam kalimatnya sendiri, dapat membuat dan melaksanakan rencana, dan mampu menuliskan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah subjek divergen, asimilasi, konvergen dan akomodasi mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang cukup baik meskipun langkah-langkah pemecahan masalah tidak dilaluinya dengan lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:34
Last Modified: 07 Dec 2022 03:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item
View Item